Senin, 17 Oktober 2011

Emulator Sega Genesis untuk Playstation 2

Emulator yang akan kita bahas kali ini adalah emulator buat game" sega genesis, dan kegunaan dari emulator ini adalah, agar game" sega tersebut bisa kita mainkan kembali lewat konsole game Playstation 2.

Emulator sega ini sendiri bisa kita mainkan di PS2 dengan menggunakan harddisk dan NA, dan untuk memainkan emulator ini bisa kita mainkan lewat optik dengan tentunya memburningnya ke CD-R, bisa juga kita mainkan lewat MC Booting, bisa juga kita mainkan lewat harddisk ps2.


Untuk lebih jelasnya, kita mulai bahas dulu emulator sega genesisnya terlebih dahulu.


Sega genesis pada saat awal masuk diprogramnya, langsung membaca device di PS2nya, seperti pada contoh gambar dibawah ini,





Setelah itu akan masuk dimenu awal yang tampilannya seperti pada contoh gambar dibawah ini,




Pada MAIN MENU ini terdapat beberapa menu seperti yang terlihat pada gambar diatas, diantaranya

  • Rom List, merupakan menu untuk explorer file dimana file" game seganya kita simpan.
  • Option, merupakan menu untuk pengaturan dari emulator sega genesisnya.
  • Save Manager, merupakan menu untuk pengaturan save dan load file save_game sega genesisnya.
  • Credits, merupakan keterangan mengenai emulator genesisnya.


Jika ingin langsung memainkan game seganya, maka pada tahap ini pilih Rom List dan tekan kali, dan akan tampil menu" device yang bisa kita akses untuk mencari file" game genesisnya yang kita simpan sebelumnya, dan tampilan menunya seperti pada contoh gambar dibawah ini,





Terlihat pada contoh gambar diatas kalau nama file dan foldernya sebagai berikut

  • Folder ROM
  • BOOT.ELF (file elf emulator sega genesis)
  • DUMMY.000
  • SYSTEM

Dan pada folder ROM ini kita tempatkan file" game genesisnya.

Dan didalam folder ROM tersebut sudah saya isi 2 file game sega genesis sebagai contoh, seperti pada contoh gambar dibawah ini.



 

Jadi seperti gambar diatas, kalau file" game sega genesisnya extensinya adalah zip, dan tidak perlu kita extract lagi file zip tersebut, dan untuk game" sega lainnya, tinggal teman" tambahkan sesuai dengan kebutuhan.

Setelah game" seganya sudah selesai kita tambahkan, maka langka selanjutnya tinggal merebuilt atau membikin kembali file elf, dummy, system dan folder rom beserta isinya tersebut menjadi file image (bin/cue atau iso dan cara bikin file image bisa dibaca" pada postingan terdahulu), dan setelah file imagenya sudah selesai, selanjutnya tinggal kita burning ke CD-R dengan menggunakan NERO (cara burning file image bisa dibaca pada postingan yang terdahulu).

Cara memainkannya

Jalankan CD emulator sega genesisnya lewat optic PS2, tunggu beberapa saat hingga programnya berhasil diload hingga masuk dimenu sega genesis.

Setelah masuk dimenu, pilih Rom list dan tekan kali.

Setelah itu maka program sega akan membaca semua source atau device yang ada di ps2 tempat dimana emulator sega tersebut dijalankan, dan nama source yang ditampilkan seperti yang sudah kita jelaskan diatas, dan selanjutnya tinggal kita pilih menu CD-ROM dan tekan kali, dan selanjutnya pilih lagi folder ROM dan tekan kali, setelah itu akan dibaca semua file" game sega genesisnya yang sebelumnya sudah kita simpan difolder ROM, pilih gamenya, tekan kali dan mainkan dhaaa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://www.facebook.com/EKAGAME?sk=wall_admin#!/EKAGAME?sk=wall